Mahasiswa FEBI Ikuti Sekolah Pasar Modal Syariah

FEBI Jumat, 6 Oktober 2023 07:15 WIB
443x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Sebelum terjun ke pasar modal, seseorang harus mengetahui secara teoritis bahkan diharapkan mampu mempraktikkan pengetahuannya di pasar modal. Semua ini bertujuan untuk meraih manfaat atau keuntungan dari adanya pasar modal.

Sehubungan dengan itu, Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep dan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) INSTIKA menggelar Sekolah Pasar Modal, Selasa (03/10/2023).

Adapun peserta dari sekolah itu adalah mahasiswa FEBI semester III dan V. Kegiatan itu dilaksanakan di dua tempat, untuk putra di Aula Kiai Abdul Basith AS sementara untuk putri di gedung perkuliahan putri.

Menurut laporan wakil dekan FEBI, Dr. H. M. Tajus Subqi, M.M., tujuan kegiatan itu adalah untuk mengedukasi dan sosialisasi pasar modal syariah bagi mahasiswa yang merupakan pemula dalam dunia tersebut. Diharapkan dari kegiatan itu, mahasiswa bisa mempraktikkan teori pasar modal yang sudah dipelajari di bangku kuliah dengan praktik trading jual beli saham.

Pemateri yang hadir dalam kesempatan ini adalah: 1. Asikin Ashar dari PT IDX. Ia menyampaikan tentang konsep pasar modal syariah. Instrumen keuangan di pasar modal syariah, kerugian dan keuntungan investasi di saham syariah, risk dan return investasi di pasar modal syariah, dan kilas balik dan evaluasi investor-investor sukses di pasar modal.

2. Fajar Imanuddin dari Phintraco Sekuritas. Ia menyampaikan materi terkait teknis trading di pasar modal dan analisis teknikal dan fundamental di pasar modal.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)