5 Dosen FEBI INSTIKA Presentasi dalam ICCEIS 2023

FEBI Kamis, 10 Agustus 2023 06:46 WIB
782x ditampilkan Galeri Headline Berita

Surabaya - INSTIKA - Asosiasi Program Studi Ekonomi Islam Indonesia (APSEII) menggelar International Collaboration Conference on Islamic Economics (ICCEIS) 2023 di Universitas Negeri Surabaya, Rabu sampai Kamis (09-10/08/2023). Kegiatan bertema "Building Synergy Between Halal Sector and the Islamic Financial Industry in the Disruption Era: Opportunity and Challanges" ini bekerja sama dengan perguruan tinggi yang termasuk dalam asosiasi APSEII untuk menjadi Co-Host.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep menjadi Co-Host dan 5 dosen FEBI mempresentasikan artikelnya dalam konferensi itu. 5 dosen itu adalah: (1) Dr. H. M. Tajus Subqi, MM. (2) Dr. Anna Zakiah Hastriana, ME. (3) S. Hikmah Jamil, M.Ak. (4) Hana Al-Ithriyah, M.EI. (5) Helliyati, ME.

Adapun judul-judul artikel yang dipresentasikan adalah sebagai berikut: Dr. H. M. Tajus Subqi, MM., mempresentasikan artikel berjudul: “The Effect of Ownership Structure, Capital Structure, Profitability and Corporate Growth on Corporate Value through Dividend Policy and Investment Decisions in the Indonesian Sharia Capital Market.”

Dr. Anna Zakiyah Hastriana, M.EI., mempresentasikan artikel berjudul: “Maslaḥah Satisfaction Model in Islamic Banking in Madura.”

Hana Al-Ithriyah, M.EI., mempresentasikan artikel berjudul: “The Effectiveness of Wamira Mart in MSME Empowerment Program in Pamekasan Regency.”

S Hikmah Jamil, M.Ak., mempresentasikan artikel berjudul: “Artfificial Intelligence (AI) in Accounting: A Literature Review.”

Helliyati, ME., mempresentasikan artikel berjudul: “Actualization of the Creative Economy in Developing the Keris Industry in Aeng Tong- tong Village, Saronggi District, Sumenep Regency.”

Kegiatan konferensi itu digelar dengan format hybrid melalui virtual meeting untuk daring dan secara luring di Auditorium G6 lantai 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. "Kami dari FEBI INSTIKA mengikuti kegiatan itu secara online," kata Wakil Dekan FEBI INSTIKA M. Tajus Subqi yang sekaligus sebagai Co-Host dalam kegiatan itu.

Dalam keterangan Wakil Dekan FEBI INSTIKA, ICCEIS adalah forum akademik yang diadakan secara periodik untuk memfasilitasi kolaborasi dan pertukaran pengetahuan antara para akademisi, praktisi, dan pemangku kepentingan dalam bidang ekonomi Islam, keuangan Islam dan bisnis Islam.

"Konferensi ini juga memberikan kepada kami kesempatan untuk menjalin koneksi, membangun jaringan profesional, dan mengembangkan kolaborasi lintas batas," katanya.

Konferensi internasional itu, sambungnya, merupakan konferensi yang pertama dan akan terus diadakan konferensi yang sama pada tahun-tahun berikutnya untuk mengangkat isu-isu terkini yang berkaitan dengan ekonomi Islam dan bertujuan mengembangkan ekonomi Islam di Indonesia.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)