Konsep Industri Halal di Madura, FEBI INSTIKA Kerja Sama dengan FEBI IDIA dan Center Halal UTM

FEBI Jumat, 26 November 2021 16:40 WIB
1139x ditampilkan Galeri Headline Berita

Prenduan – INSTIKA – Membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Syariah di Madura diperlukan perencanaan yang matang dan kerja sama antar pihak, terutama antar perguruan tinggi. Sehubungan dengan ini, dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep bekerja sama dengan FEBI Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan (IDIA) dan Halal Center Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama pada Senin (25/11/2021) di ruang meeting IDIA. Kiai Ahmad Majdi Tsabit, MM selaku dekan FEBI INSTIKA, Dr. KH.  Holilur Rahman MHI selaku dekan FEBI IDIA, dan Lailatul Qamariah dari Halal Center UTM, yang menandatangani kerja sama tersebut.

Kiai Ahmad Majdi Tsabit menjelaskan kerja sama itu dilakukan sebagai langkah awal dalam membangun KEK Syariah di Madura. “Nanti kita akan melakukan pertemuan-pertemuan selanjutnya guna merealisasikan kerja sama tersebut,” katanya. INSTIKA, lanjutnya, siap menjadi tuan rumah untuk pertemuan selanjutnya sebagai tindak lanjut.

Kiai Majdi juga menjelaskan sebagaimana yang disampaikan pihak Halal Center UTM Lailatul Qamariah, bahwa pembinaan dan pemberian sertifikat halal bagi mereka yang berupaya mengembangkan insdustri-industri halal di Madura akan terus dilakukan dan sertifikat diberikan secara gratis. “Sebab ini didukung oleh negara,” terangnya.

Melalui kerja sama tersebut diharapkan KEK Syariah benar-benar terbangun di Madura dan FEBI INSTIKA menjadi salah satu penggagasnya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)